Tabel Ukuran Kompresor & Jumlah Oli Kulkas

Jika melihat kompresor kulkas, maka terdapat kode dari kompresor itu sendiri dan setiap kompresor memiliki kode yang berbeda. Adapun jenis kompresor dapat ditentukan melalui bentuk dan merk tersendiri.

Tabel Ukuran Kompresor Kulkas

Pada kondisi dimana mengharuskan untuk mengganti kompresor baru, maka perlu dilihat terlebih dahulu kode kompresor agar tidak keliru saat membelinya. Nah, untuk itu maka perlu cara untuk mengetahui kode kompresor kulkas dengan tabel ukuran kompresor kulkas.

Oleh karena itu, pada pembahasan artikel kali ini akan membahas hal tersebut. Yuk simak artikel ini hingga selesai!

Artikel Terkait : Penyebab Kompresor Kulkas Overload

Cara Mengetahui Ukuran Kompresor Kulkas

Cara Mengetahui Ukuran Kompresor Kulkas

1. Bentuk fisik kulkas

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui ukuran kompresor kulkas yaitu dengan melihat bentuk fisik dari kulkas itu sendiri. Adapun cara untuk memudahkan perhitungan yaitu dengan menggunakan rumus : panjang x tinggi (diukur dari depan ke samping) x lebar kulkas (diukur dari depan ke belakang).

Dengan mengetahui bentuk dan desain dari kulkas tersebut maka akan memudahkan untuk membeli kompresornya.

2. Jumlah pintu kulkas

Terlihat sepele tetapi penting. Jika Anda ingin membeli kompresor dapat mengetahui ukurannya melalui jumlah pintu pada kulkas. Umumnya di Indonesia, kompresor kulkas 1 pintu diproduksi mulai dari 1/8, 1/6, hingga 1/4 PK. Untuk ukuran daya jenis kompresor kulkas tersebut dapat disimak di bawah ini.

  • 1/8 PK memiliki daya 0,42 Ampere
  • 1/6 PK memiliki daya 0,56 Ampere
  • 1/4 PK memiliki daya 0,84 Ampere

3. Arah pintu kulkas

Arah pintu kulkas juga menjadi aspek untuk melihat ukuran kompresor. Hal ini akan menentukan kondisi kulkas Anda. Umumnya di Indonesia sendiri untuk menentukan bagus atau tidaknya tersebut yaitu dengan melihat apakah pintu padat dibuka ke arah kanan atau tidak. Jika dapat dibuka ke arah kanan maka kulkas tersebut dalam kondisi bagus.

Nah, itu tadi cara mengetahui ukuran kompresor kulkas. Dengan adanya aspek-aspek di atas maka diharapkan dapat membantu Anda.

Baca Juga :

Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas Melalui Tabel

Jika sebelumnya sudah disinggung mengenai bagaimana cara mengetahui ukuran kompresor kulkas, maka kali ini akan ditampilkan gambar bagaimana membaca kode ukuran kompresor kulkas melalui tabel. Untuk itu, yuk simak gambar di bawah ini!

Cara Membaca Kode Kompresor Kulkas Melalui Tabel

Nah, itu tadi penjelasan mengenai tabel ukuran kompresor kulkas. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk memahami kode kompresor kulkas yang berlaku secara internasional.

Tabel Ukuran Oli Kompresor Kulkas

Selain kompresor kulkas, oli untuk melumasi perangkat tersebut juga memiliki ukurannya tersendiri. Adapun fungsi dari oli sendiri yaitu untuk melumasi bagian-bagian kompresor supaya tidak cepat aus karena adanya gesekan.

Kapan waktu untuk mengisi oli kompresor kulkas?

Nah, untuk mengisi oli dapat dilakukan jika sudah pernah mengalami kebocoran freon pada kulkas. Karena biasanya jika hal tersebut terjadi maka sebagian oli akan ikut keluar bersama freon melalui lubang pipa yang bocor tersebut.

Kurang tersedianya oli akan menyebabkan mesin kompresor sedikit berisik dan cepat panas sehingga akan mengakibatkan kulkas lebih cepat rusak.

Untuk mengetahui ukuran oli pada kompresor kulkas, Anda dapat melihatnya pada gambar di bawah ini.

Tabel Ukuran Oli Kompresor Kulkas

Tabel ukuran kompresor memang sangat penting untuk diketahui karena dapat membantu saat membeli perangkat tersebut dan meminimalisir adanya kekeliruan. Selain itu, hal yang penting untuk diketahui yaitu ukuran oli untuk melumasi perangkat tersebut. Oleh karena itu, pada artikel ini sudah menampilkan tabel ukuran kompresor dan ukuran olinya.

Ketahui :

Dengan demikian artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Leave a Comment