Berapa Tekanan Freon Kulkas Freezer ?

Tekanan freon kulkas freezer penting agar perangkat dapat bekerja dan menghasilkan dingin. Cara isi freon freezer mudah. Dapat dikerjakan tanpa teknisi.

Tekanan freon kulkas freezer

Kulkas dan freezer sistem kerjanya hampir mirip dengan AC, yaitu menggunakan freon untuk menghasilkan dingin. Jika jumlah dan tekanannya berubah atau turun, maka suhu yang dihasilkan menjadi lebih panas.

Baca Juga : Kompresor Kulkas Tidak Mau Start

Kegunaan Freon

Nama lain freon adalah refrigerant, merupakan senyawa yang dapat menyerap panas sehingga menghasilkan suhu lebih dingin. Senyawa ini tidak berwarna dan tidak berbau namun mempunyai tekanan.

Tekanan freon kulkas freezer harus terjaga. Tujuannya adalah agar suhu dalam kulkas stabil dan dapat berfungsi dengan baik. Penyebab tidak berfungsinya kulkas atau freezer dapat disebabkan hal ini.

Bagaimana Cara Menjaga Tekanan Freon Kulkas Freezer ?

Cara Menjaga Tekanan Freon Kulkas Freezer

Cara menjaga tekanan Freon kulkas 2 pintu cukup mudah, hanya perlu pengecekan dan penggantian atau isi secara berkala. Beberapa macam freon cukup aman dan tidak menimbulkan kerusakan lapisan ozon

Berapa Tekanan Freon Kulkas Freezer Yang Ideal

Berapa tekanan freon kulkas freezer? Hal ini harus benar-benar dipahami mengingat bagian yang menghasilkan dingin pada peralatan. Tekanan freon berpengaruh pada suhu dingin yang akan dihasilkan.

Tekanan ini dapat berkurang selama proses penggunaan. Oleh karena itu perlu ganti atau diisi dan pastikan tekanannya. tekanan freon kulkas 2 pintu biasanya adalah 10 PSI.

Jika merasa tekanan freon kurang, yaitu tingkat dingin yang dihasilkan berbeda dengan seharusnya, maka dapat segera mengisinya. Pengukuran tekanan menyesuaikan standar penting untuk menjaga fungsi alat elektronik tersebut.

Proses pengisian freon harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Meski sudah sesuai dengan ketentuan, dapat mengalami kebocoran. Tandanya adalah tekanan turun dalam beberapa menit.

Ketahui : 

Tekanan Freon R600A Pada Kulkas

Tekanan Freon R600A Pada Kulkas

Jenis freon R600A sering digunakan untuk kulkas. Hal ini tentu terkait dengan kekurangan dan kelebihannya dibanding dengan lainnya, Anda perlu mengetahuinya sebelum memutuskan untuk menggunakan  jenis ini.

1. Kelebihan

Tekanan freon R600A pada kulkas termasuk recommended. Banyak yang menggunakannya dengan berbagai alasan. Berikut beberapa alasan kenapa memilih freon jenis ini:

  • Freon R600A, tidak mengakibatkan efek rumah kaca sehingga aman bagi lingkungan dalam jangka panjang dan pendek.
  • Tekanan dengan freon dari tipe ini termasuk rendah. Berhubungan dengan suara pada kulkas, yang menggunakan freon R600A tidak terlalu bising.
  • Harganya terjangkau
  • Biaya pembuatan kecil, volume kebutuhan untuk setiap kulkas juga kecil
  • Mempunyai sistem yang handal sehingga aman bagi perangkat

2. Kekurangan

Berbicara kelebihan, tidak lengkap tanpa membandingkan dengan kekurangannya. Berikut beberapa kekurangan penggunaan freon R600A:

  • Penggunaan kurang benar dapat mudah meledak dan menimbulkan kebakaran
  • Dalam pembuatannya perlu standarisasi sehingga lebih aman
  • Tidak sesuai untuk kulkas besar

Cara Pengisian Freon Freezer

Mudahkan cara pengisian freon freezer? Ternyata tidak terlalu sulit untuk melakukan hal satu ini, bahkan dapat dilakukan tanpa bantuan teknisi. Berikut caranya:

  • Pasang selang berwarna biru pada suction dan kuning di refrigerant
  • Buka kran pada selang kuning untuk membuang angin yang ada
  • Isi freon dengan perlahan melalui sela biru. Setelah mencapai tekanan 2 PSI hentikan sebentar, tutup kran dan nyalakan kulkas sampai mesin terasa hangat.
  • Buka kembali kran, tambah isi freon sampai mencapai tekanan 10 PSI dan hentikan. Tunggu 10 menit untuk memastikan bahwa tidak terjadi kebocoran.

Artikel Terkait :

Pengisian dan pengukuran tekanan freon kulkas freezer cukup mudah. Hanya memerlukan kehati-hatian saja. meski demikian sebaiknya pelajari terlebih dulu caranya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Leave a Comment