Penyebab & Cara Memperbaiki TV LG Hidup Tapi Tidak Ada Gambar Juga Suara

Electronicevo.com — Anda mungkin pernah atau sedang mengalami TV hidup tapi tidak ada gambar dan suara. Biasanya masalah seperti ini terjadi pada TV tabung atau TV lama. Pastinya, saat TV tidak keluar gambar atau suara akan membuat pemiliknya panik.

TV hidup tapi tidak ada gambar dan suara

Jangan khawatir, karena ada cara memperbaiki TV LG  tidak ada gambar dan suara tanpa harus membeli TV haru. Namun, sebelumnya Anda juga harus tahu apa sebenarnya penyebab terjadinya masalah tersebut. Yuk, simak pembahasan lengkapnya di dalam artikel ini.

Baca Dulu : Cara Menyalakan TV Tabung Tanpa Remote dan Tombol

2 Penyebab TV Hidup Tapi Tidak Ada Gambar dan Suara

Penyebab TV Hidup Tapi Tidak Ada Gambar dan Suara

Sebelum memperbaiki TV hidup tapi tidak ada gambar dan suara, ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebabnya uang perlu Anda ketahui:

1. Kerusakan Pada Mesin TV

Penyebab TV LG tidak ada gambar dan suara yang pertama, yaitu karena adanya kesalahan dalam mesin TV. TV yang hilang gambarnya dapat disebabkan oleh fuse SMD dalam board T-Con terputus, T-Con rusak atau IC gamma AS-15 rusak.

Selain itu, IC audio rusak, retak atau kaki-kaki IC-nya tidak merekat dengan sempurna juga bisa menyebabkan suara TV hilang.

2. Kabel Tidak Terpasang dengan Benar

Penyebab yang kedua, yaitu kabel LVDS lepas atau belum terpasang. Kabel konektor speaker yang putus atau kabel lilitan di dalam speaker bisa menyebabkan TV tidak mengeluarkan suara.

Baca Juga :

Langkah-langkah Memperbaiki TV Hidup tapi Hilang Gambar dan Suara

Langkah-langkah Memperbaiki TV Hidup tapi Hilang Gambar dan Suara

Ada beberapa cara memperbaiki TV hidup tapi tidak ada gambar dan suara. Berikut ini beberapa cara memperbaikinya:

1. Mengecek Tegangan Power Supply

Cara yang pertama, Anda harus memastikan tegangan power supply yang sudah normal, lalu cek tegangan pada output driver Led. Apabila tegangannya kosong, Anda bisa mengganti IC driver TV dan pastikan konektornya tertancap. Setelah itu, bersihkan sparepart tv dari debu, lalu cek apakah solderannya sudah baik.

2. Blok Horizontal Bermasalah

Salah satu penyebab utama TV tidak mengeluarkan gambar dan suara yaitu karena blok horizontalnya yang rusak. Hal ini mengakibatkan sistem kerja flyback tidak bisa memenuhi tabung gambar dan tegangan TV.

Adapun tegangan tersebut mulai dari tegangan video, tegangan heater 3 v ac, tegangan tinggi 20000 kv, tegangan kontroler kontras dan tegangan fokus. Cara mengatasi masalah ini, sebaiknya TV dibawa ke service terdekat karena cukup banyak yang perlu diperbaiki.

3. Membetulkan Rangkaian Regulator

Cara memperbaiki TV hidup tapi tidak ada gambar dan suara selanjutnya dengan memeriksa jalur listrik beserta rangkaian regulator input dan output TV. Biasanya catu daya TV mempunyai output tegangan sebesar 115 volt, 24 volt, 12 volt dan 5 volt, sesuai mereknya. Gantilah komponen yang rusak dan perbaiki jalur rangkaian yang tidak sempurna.

4. Memeriksa Tegangan Jalur Audio

TV tidak mengeluarkan suara, bisa jadi penyebabnya adalah karena jalur tegangan IC audio putus. Anda perlu memeriksa apakah IC Audio berada di keadaan normal dengan volt sekitar 12-15 volt arus DC. Bila kurang, segera ganti IC Audio dengan yang baru.

5. Membersihkan Kaki IC Audio

Kaki audio yang patah atau retak bisa membuat TV Lg tidak ada gambar dan suara. Anda perlu membersihkan kaki IC yang korosi menggunakan sikat dan cairan tiner. Apabila belum berhasil, Anda bisa menyolder ulang bagian IC audio.

Ketahui :

Itulah cara mengatasi TV hidup tapi tidak ada gambar dan suara. Selamat mencoba dan menikmati kembali tontonan kesayangan Anda di TV LG Anda.

Categories TV

Leave a Comment