Cara Mengatasi TV Sharp Piccolo Protek LED Merah Redup, Mati Standby

Kerusakan TV Sharp Piccolo protek led merah redup tergolong sangat jarang terjadi dan bila dilakukan perbaikan cukup sulit untuk dilakukan. Kondisi seperti TV Sharp protek led merah ini bisa diakibatkan beberapa solderan kurang matang ataupun penyebab lainnya.

Tv Sharp Piccolo Protek Led Merah Redup

Permasalahan pada proyek juga beragam seperti TV Sharp tidak bisa nyala tapi lampu power hidup, lampu indikator kedap kedip hingga mati standby. Jika mengalami kondisi mati standby maka cara mengatasi TV Sharp piccolo mati standby harus kalian ketahui benar-benar.

Baca Juga : LCD LG Mati Total Lampu Indikator Tidak Menyala

Mengatasi TV Sharp Piccolo Protek Led Merah Redup

TV Sharp terkadang mengalami gangguan sehingga menyebabkan TV tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya dan salah satunya protek led merah redup. Namun untuk lebih lanjut terkait kerusakan pada protek yang menyebabkan led merah sebagai berikut.

1. TV Sharp Protek LED Merah

Kondisi ini terjadi karena banyak hal seperti solderan kurang matang yang mengakibatkan komponen tidak dapat menempel dengan sempurna pada PCB. Penyebab lainnya yaitu program gagal ketika membaca memori, internal setting bermasalah, tuner tidak terdeteksi dan lainnya.

Untuk melakukan perbaikan tidak cukup satu namun dengan menggunakan banyak metode dan harus dicoba satu-satu. Umumnya jika terjadi kerusakan protek maka lampu indikator berkedip karena itu tanda kerusakan.

Jika kalian menemukan lampu indikator awalnya berwarna merah lalu berubah hijau dan kemudian terakhir berwarna kuning maka kerusakan terjadi pada IC memori dan umumnya jumlah kaki yang dimiliki 8 PIN.

Ketika warna indikator merah lalu mati maka itu menunjukkan masalah di IC MICOM yang tipenya diawali dengan TD938xxx. Namun jika lampu indikator warnanya hijau sekitar 5-10 detik itu artinya ada kerusakan pada flyback.

2. Cara Mengatasi TV Sharp Piccolo Mati Standby

Kerusakan lain yang bisa dialami yaitu TV mati standby/ gejala protek. Memang sistem protek ini dibuat untuk melakukan antisipasi kerusakan lebih parah. Cara kerjanya yaitu ketika ada komponen yang mengalami rusak/short maka sistem ini langsung aktif dan memutuskan tegangan secara paksa.

Cara mengatasinya dengan membongkar casing bagian belakang dan cek kondisi fisiknya apakah ada yang rusak atau terbakar. Komponen yang paling sering mengalami kerusakan umumnya letaknya dekat panas.

Cara selanjutnya yaitu melihat apakah terdapat solderan yang retak atau kendor. Masalah ini terjadi karena penggunaan terlalu lama serta terpapar panas terus menerus. Cara lainnya dengan melakukan pengecekan seluruh tegangan out yang dari regulator

Pemeriksaan dilakukan juga pada titik-titik protek dengan pemeriksaan tegangan. Saat dilakukan pemeriksaan PIN protek tidak ada tegangan atau 0 volt maka itulah sumber kerusakannya karena PIN mempunyai tegangan yang berkisar 4-5 volt. Perbaikan dilakukan dengan melakukan pergantian pada PIN protek tadi.

Artikel Terkait :

3. TV Sharp Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

TV Sharp Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Kondisi dimana TV tidak bisa nyala padahal lampu power hidup diakibatkan oleh beberapa hal. Adapun beberapa diantaranya sebagai berikut.

  • Kabel listrik longgar

Kabel listrik longgar bisa terjadi pada saat TV dipindahkan sehingga mengakibatkan kabel yang ada di belakangnya menjadi terlepas ataupun longgar. Hal ini yang menjadi penyebab lampu indikator tetap hidup namun TV tidak menyala.

  • Masalah pada elco

Penyebab lainnya yaitu karena komponen elco bermasalah. Kendala ini umumnya disebut dengan mode standby jadi TV tidak akan bisa menyala walaupun lampu indikatornya hidup.

  • Horizontal flyback tidak berfungsi

Saat komponen tadi bermasalah maka transistor horizontal tidak akan bisa menerima sinyal input yang berasal dari driver. Driver yang tidak berfungsi diakibatkan oleh tegangan yang tidak tersedia.

  • Tegangan di regulator drop

Masalah ini sering ditemukan di level tegangan tinggi. Sehingga mengakibatkan tegangan regulator yang nantinya diterima akan kurang memadai dan mengakibatkan TV tidak dapat menyala.

Masalah ini umumnya ditemukan pada level tegangan tinggi. Alhasil, pada kondisi tertentu, regulator hanya menerima tegangan lemah yang akhirnya kurang memadai. Akibat dari hal tersebut, TV tidak bisa hidup meski pada lampu indikator tertera menyala.

Ketahui :

Untuk mengatasinya kalian bisa membuka rangka televisi, soft reset, dan mengganti elco. Tentunya kalian harus mencoba ketiga cara tersebut karena banyak faktor yang menyebabkan TV mengalami kondisi tersebut.