Warna Kabel & Jalur Kipas Angin Cosmos

Pada kipas angin memiliki kabel yang berfungsi untuk menghubungkan arus listrik sehingga menjadi gaya gerak. Pada kipas angin merek Cosmos terdapat warna kabel dan juga jalurnya yang memiliki fungsi tertentu. Berikut merupakan warna kabel kipas angin Cosmos dan jalurnya.

Warna kabel kipas angin Cosmos

Baca Juga : Skema Kipas Angin Maspion

Warna Kabel Kipas Angin Cosmos

Warna Kabel Kipas Angin Cosmos

Pada umumnya, kipas angin memiliki 3 kabel berwarna yaitu hitam, putih, dan merah. Kabel warna hitam biasanya digunakan untuk penghubung langsung ke sumber arus listrik. Oleh sebab itu kabel ini disebut sebagai kabel netral.

Tetapi, biasanya juga kabel hitam ini disebut sebagai kabel power yang mana menghubungkan tombol ON/OFF dengan sumber arus listrik. Jadi, saat menekan tombol tersebut, kabel yang akan berfungsi adalah kabel hitam ini.

Warna kabel kipas angin Cosmos selanjutnya ada kabel berwarna putih, kabel ini digunakan pada sambungan listrik langsung dan kapasitor. Lalu, kabel merah adalah kabel yang hanya tersambung pada kapasitor saja.

Pada beberapa jenis kipas memiliki 5 jenis warna kabel, yaitu hitam, putih, merah, biru dan kuning. Tetapi, umumnya kipas memiliki 4 warna yang mempunyai fungsinya masing-masing pada setiap warna kabel.

Untuk setiap kabel yang berwarna juga memiliki tingkat kecepatan yang berbeda-beda. Misalnya, pada kabel warna merah memiliki tingkat kecepatan kipas angin yang tinggi, sehingga angin yang dihasilkan akan sangat kencang.

Kabel putih memiliki tingkat kecepatan yang sedang, angin yang dihasilkan pun sedang, tidak terlalu kencang atau terlalu pelan. Kabel biru adalah untuk kecepatan baling-baling yang rendah, jadi hasil akhir anginnya adalah pelan dan tidak terlalu kencang.

Sementara itu, pad akabel warna hitam sebagai power atau netral, yang jika ditekan atau dinyalakan maka kipas angin bisa digunakan.

Pada motor atau mesin kipas angin yang menggunakan 5 kabel, umumnya kabel kuning untuk kapasitor, kabel warna merah untuk tingkat kecepatan yang tinggi, dan biru untuk tingkat kecepatan yang rendah. Lalu, untuk kabel hitam untuk power kapasitor dan kabel putih untuk baling-baling kipas dengan kecepatan sedang.

Semua kelima kabel kipas angin tersebut pada dasarnya sudah terpasang pada box kipas atau kotaknya, sehingga pada kapasitornya terletak secara terpisah dari mesinnya.

Anda harus mengetahui warna kabel kipas angin dengan fungsinya masing-masing agar saat pemasangan baik dan benar, sehingga akan meminimalisir terjadinya kesalaan teknis. Jika terjadi kesalahan hanya karena Anda tidak mengetahui fungsi masing-masing warna kabel, mungkin hasilnya akan berakibat fatal pada kipas angin Anda.

Ketahui :

Jalur Kabel Kipas Angin

Jalur kabel kipas angin

Jalur pada penyambungan kipas angin ada pada warna masing-masing. Pada umumnya warna kabel kipas angin Cosmos memiliki jalurnya yang  berbeda-beda. Misalnya speed 1 menghubungkan kumparan utama 1 dengan kumparan masukan A1.

Speed 2 menghubungkan kumparan utama A2 dengan keluaran B1. Selanjutnya, speed 3 menghubungkan kumparan utama A3 dengan kumparan keluaran B2. Lalu, pada sisa kumparan yaitu kumparan keluar 2 dengan keluaran B3 tersambung dengan kapasitor dan sambungan listrik.

Dalam pemasangannya harus disesuaikan antara warna kabel dengan fungsinya, selain itu juga disesuaikan dengan jalurnya dan Anda pun harus teliti dan sabar dalam melakukan pemasangan kabel kipas angin Cosmos Anda.

Artikel Terkait :

Nah, itu dia penjelasan mengenai warna kabel kipas angin Cosmos dengan jalur kabel kipas anginnya. Ketika Anda sudah mengetahuinya, Anda bisa menerapkannya pada kipas angin Anda dengan benar.

Leave a Comment