Cara Mengetahui Warna Kabel Kipas Angin Maspion

Kipas angin adalah alat elektronik yang berfungsi untuk menghasilkan angin sehingga membuat ruangan menjadi sejuk. Ada berbagai merek kipas angin yang beredar di Indonesia, salah satunya Maspion. Bagi Anda yang seorang teknisi, tentu harus mengetahui warna kabel kipas angin Maspion yang menjadi salah satu merek ternama.

Warna kabel kipas angin Maspion

Baca Dulu : Skema Kipas Angin Miyako

Cara Mengetahui Arti Warna Kabel Kipas Angin

Setiap alat elektronik pastinya memiliki sistem kelistrikan yang berfungsi agar alat tersebut bisa berjalan dengan normal. Tanpa adanya sistem kelistrikan, tentunya alat elektronik tidak bisa beroperasi.

Nah, di bawah ini terdapat jenis-jenis warna kabel kipas angin Maspion 6 kabel beserta fungsinya.

Cara Mengetahui Arti Warna Kabel Kipas Angin

1.    Hitam

Warna kabel hitam ini termasuk ke dalam jenis kabel power. Kabel kipas angin berwarna hitam ini memiliki fungsi sebagai pengatur tombol ON/OFF, dimana fungsi utamanya adalah sebagai alat untuk menghubungkan arus listrik dari sumber listrik ke dinamo.

2.    Kuning

Selanjutnya ada kabel warna kuning. Warna kabel kipas angin Maspion memiliki warna kuning yang termasuk ke dalam jenis kabel kapasitor. Kabel yang satu ini terhubung secara langsung antara kapasitor dengan generator listrik atau dinamo. Kabel ini sangat penting keberadaannya di alat elektronik kipas angin.

3.    Biru

Berikutnya ada warna biru. Kabel warna biru ini termasuk ke jenis kabel speed 1. Fungsinya adalah untuk menghubungkan tombol speed 1 dengan dinamo, dengan begitu bisa digunakan untuk mengontrol kipas angin dengan kecepatan putar yang rendah.

4.    Putih

Warna kabel kipas angin Maspion lainnya yaitu putih. Ini termasuk jenis kabel speed 2. Memiliki fungsi sebagai pengontrol kecepatan sedang. Pada beberapa jenis kipas angin, mungkin tidak memiliki kabel tipe ini terutama lkipas yang hanya punya 2 saja.

5.    Merah

Terakhir, ada warna merah. Ini termasuk ke dalam jenis kabel speed 3. Kabel warna merah ini memiliki fungsi sebagai pengatur kecepatan maksimal dari kipas yang sudah terhubung langsung antara tombol speed 3 dengan generator listrik.

Baca Juga : 

Jenis-Jenis Kabel Kipas Angin

Jenis-Jenis Kabel Kipas Angin

Jika Anda sudah mengetahui warna-warna kabel dan fungsinya. Selanjutnya adalah jenis-jenis kabel kipas angin. Terdapat 3 jenis kabel pada kipas angin, terutama pad akipas angin Maspion, yaitu kabel speed, kabel power, dan kabel kapasitor. Berikut ulasannya.

1.    Kabel Speed

Pertama kabel speed. Ini adalah kabel yang memiliki fungsi untuk dapat mengatur kecepatan dari baling-baling kipas. Pada umumnya kipas angin memiliki 3 buah kabel speed untuk 3 kecepatan yang berbeda.

2.    Kabel Power

Kabel yang satu ini tentu pasti ada di semua tipe kipas angin. Jumlah kabel power ini hanya ada 1 namun terbagi menjadi 2 yaitu ke tombol speed 0, dan ke tombol ON/OFF yang mengarah ke dinamo.

3.    Kabel Kapasitor

Terakhir ada kabel kapasitor. Kabel yang satu ini merupakan tipe kabel yang terhubung dari dinamo ke kapasitor. Jumlah kabel ini ada 2 yang terhubung ke kapasitor semuanya. Fungsi utamanya yaitu untuk menyimpan arus listrik pad amedan listrik yang telah dihasilkan oleh generator.

Artikel Terkait :

Itu dia informasi tentang cara mengetahui warna kabel kipas angin Maspion dan juga jenis-jenisnya. Anda sudah mengetahui bahwa kipas angin pada umumnya memiliki 3 kecepatan, dimana ketiga kecepatan tersebut dihubungkan oleh kabel. Kabel-kabel yang telah disebutkanlah yang menjadi kipas angin dapat beroperasi normal dengan baik.

Leave a Comment