Wiring Diagram Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Saat membeli mesin cuci baik itu satu tabung atau dua tabung, pasti Anda akan menemukan wiring diagram mesin cuci 2 tabung atau 1 tabung. Bisanya letak skema diagram ini akan berada pada body dari mesin cuci.

Wiring Diagram Mesin Cuci 2 Tabung

Wiring diagram sendiri merupakan diagram yang menggambarkan sebuah hubungan antara komponen instalasi dengan komponen lain dengan kabel listrik. Rangkaian kabel ini biasanya akan mempunyai warna kabel yang berbeda dengan tujuan mempermudah teknisi saat memperbaiki mesin cuci.

Baca Juga : Diagram Mesin Cuci 1 Tabung

Simak dan Pelajari Wiring Diagram Mesin Cuci 2 Tabung

Kejadian lapangannya adalah justru para teknisi akan menggunakan kabel dengan warna seadanya saat sedang memperbaiki. Kejadian inilah yang akhirnya membuat teknisi selanjutnya bingung ketika ingin memperbaikinya kembali.

Oleh karena itu, Anda yang berprofesi sebagai teknisi harus bisa mengetahui dasar-dasar saat menyambungkan rangkaian kabel-kabel listrik. Tentunya masih dengan bantuan skema diagram agar lebih terbantu meskipun warna kabel sudah tidak sesuai lagi.

Alur Pelajari Wiring Diagram Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Alur Pelajari Wiring Diagram Mesin Cuci Sharp 2 Tabung

Semua bisa teratasi dan terselesaikan jika Anda memang ingin mempelajarinya. Hampir semua mesin cuci mempunyai skema diagramnya masing-masing. Cara mempelajari terkait instalasi kabel-kabel dan komponen mesin cuci, yaitu:

1. Tentukan jalur kabel dynamo

Kejadian yang umum terjadi di dunia teknisi adalah lupa dimana jalur kabel dinamo mesin cuci pada saat membongkar dan memotong kabel dinamo. Jika dinamo yang dibeli dalam kondisi baru memang akan lebih mudah karena kabel listrik yang digunakan masih berwarna biru.

Untuk melakukan pengetasan, maka Anda perlu melakukan hal berikut ini :

  • Baca gambar, tujuannya Anda bisa lebih mengenal komponen-komponen di dalam mesin cuci. Jika sudah memahami gambarnya, maka akan lebih mudah untuk mengetahui skema wiring dari mesin cuci.
  • Tentukan jalur kabel dynamo, Anda perlu menentukan dimana jalur kabel untuk motor wash dan dimana jalur untuk spin. Anda akan memerlukan alat tambaan berupa avometer untuk bisa mengetahui hambatan yang ada pada kabel.

2. Test hidupkan dinamo tanpa timer

Jika rangkaian kabel sudah dipastikan disambungkan pada posisi yang sesuai, maka Anda bisa mencoba untuk melakukan test agar mengetahui posisi sudah benar atau belum. Sebelum melakukan test, perlu sediakan tang untuk menjepit dinamo agar tidak melompat.

Rangkaian dikatakan berhasil jika hasilnya memberikan putaran kencang.

Baca Juga :

3. Rangkaian komponen tambahan

Untuk bisa menunjang kerja mesin cuci lebih baik, terlebih pada mesin cuci 2 tabung maka Anda bisa lakukan dengan menambahkan komponen diantaranya seperti :

  • Fuse, untuk memutuskan arus ketika terjadi arus pendek. Mesin cuci bisa saja mengalami keadaan panas berlebih, jika terjadi maka akan terjadi kerusakan pada mesin cuci.
  • Timer wash, untuk mengatur durasi, jeda, dan arah putar dari mesin dinamo yang terpasang. Mesin akan memutus arus secara otomatis ketika sudah selesai waktu dalam bekerja.
  • Timer spin, untuk mengatur durasi kerja dari dinamo spin agar bekerja pada satu arah putaran saja.
  • Saklar pengering, pengering bisa bekerja saat ditutup rapat dan akan berhenti bekerja saat tutup dibuka. Saat tutup dibuka, maka secara otomatis akan memutus arus listrik sehingga mesin mati.

Ketahui :

Selesai sudah informasi mengenai wiring diagram mesin cuci dengan 2 tabung, khususnya merk Sharp. Hampir semua merk akan mempunyai fungsi komponen yang sama. Oleh karena itu, sebagai teknisi kita harus paham dan jeli dengan komponen, fungsi komponen, bahkan alur dari kelistrikan pada mesin.